Minggu, 16 Juni 2013

Jumlah pengguna perangkat android yang menggunakan versi android 2.3 Gingerbread diperkirakan mencapai 50.6%. Padahal, android versi Gingerbread tergolong cukup lama hadir dengan awal dirilis pada desember 2010 yang lalu.

Angka tersebut juga menunjukan bahwa masalah terbesar platform android ialah begitu banyaknya perbedaan di setiap perangkat android sehingga setiap kali Google merilis update versi android, banyak perangkat yang tidak bisa mendapatkan update android.

Walaupun bukan kesalahan Google sepenuhnya sebagai pembesut android, namun setidaknya pandangan konsumen akan kekecewaan yang mereka rasakan saat perangkat mereka tidak mendapatkan update android merupakan tanggung jawab Google.

Faktor fragmentasi yang menjadi masalah terbesar android saat ini belum bisa dipecahkan. Sebenarnya hal tersebut bisa sedikit diatasi jika Google sebagai pemilik lisensi platform android mengeluarkan kebijakan yang bisa diikuti oleh produsen smartphone dunia dan operator telekomunikasi untuk lebih bisa memberikan pemerataan saat ada update versi android.

Saat ini, versi android Jelly Bean hanya bisa dipakai oleh 6.7%. Jika dibandingkan dengan ios, maka tentu saja android akan kalah telak dalam soal pemerataan update platform.

Untuk versi ICS, Google memperkirakan saat ini dipakai lebih dari seperempat perangkat android atau tepatnya sekitar 27.5%. Capaian presentase ICS dan Jelly Bean memang disebut akan terus berkembang dalam beberapa bulan terakhir, namun itu banyak terbantu oleh penjualan perangkat android baru yang rata-rata memakai versi android ICS dan Jelly Bean.

0 komentar :

Posting Komentar

Flag Counter